GIMANA SIH RASANYA BELAJAR FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM ITU?

 Halo temen temen, sebelumnya kenalin aku Meilinda Nur Azizah , aku adalah seorang mahasiswa baru di Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang mengambil prodi Tadris Biologi , sebelumnya aku berasal dari Trenggalek dan dari SMAN 2 Trenggalek , langsusng saja ya ,jadi aku dari SDN sampai SMA gak pernah tu denger apa yang namanya filsafat , apalagi filsafat pendidikan islam. Nah jadi untuk pertama kalinya dalam hidupku aku  belajar berfilsafat itu pada saat menjadi mahasiswa baru ini , jadi ternyata filsafat pendidikan islam itu penting loh bagi mahasiswa FTIK khususnya , kenapa kok bisa penting? jadi dalam filsafat pendidikan islam ini mengajarkan bagaimana kita berfikir secara radikal ,eitss bukan radikal narkoba lo ya, jadi radikal disina artinya yaitu berfikir  dari akar akarnya , tidak seperti pelajaran pada umumnya yang hanya mengkaji atau tertuju dalam 1 sumber saja . Di dalam filsafat sendiri harus memiliki karakteristik berfikir filsafat yaitu : Logis, Sistematis,Radikal,Universal.

Jadi selama 7 pertemuan ini saya banyak mendapatkan pengetahuan-pengetahuan tentang bagimana cara kita berfilsafat dengan tetap memperhatikan bagaimana karakrteristik berfikir filsafat tersebut,selain itu filsafat juga memiliki ruang lingkup tersendiri, yaitu: 1. ONTOLOGI (ketika kita memiliki rasa penasaran akan suatu hal / masalah) 2. EPISTEMOLOGI (dimana di tahap ini ketika kita sudah memiliki rasa penasaran maka kita akan mencari tahu akan masalah atau hal tersebut ) 3. AKSIOLOGI (ini tahapan paling akhir dimana ketika kita sudah penasaran dan mencari tahu maka kita akan melakukan aksi dimana dalam filsafat pendidikan islam sendiri dibagi menjadi 2 jenis yang pertama yaitu 1. Value Free yang biasanya digunakan oleh orang orang barat dimana arti value free ini sendiri adalah bebas dari aturan agama , hal ini menjadi tentangan keras bagi umat islam . 2. Unvalue Free atau terikat dengan aturan agama , ini yang digunakan oleh umat islam , karena pada dasarnya kita sebagai umat islam harus melakukan segala sesuatu yang berpatokan pada al quran dan as sunah .  Lalu dalam filsafat islam memiliki 5 tujuan yaitu : 1. Tujuan pendidikan islam(ada 2 yaitu hamba dan khalifah), 2. Tujuan pendidikan nasional ( tujuan yang ada dalam suatu negara), 3. Tujuan institusional (tujuan yang ada dalam suatu lembaga"), 4. Tujuan kurikuler (tujuan yang ada dalam 1 mata pelajaran),  5. Tujuan instruksional (tujuan yang ada dalam 1x pembelajaran).  Dalam maasa abad pertengahan barat mengalami The dark age (masa kegelapan , karena masyarakat barat dilarang mengkaji atau menanyakan diluar dari ajaran mereka , tetapi berbeda halnya pada islam mengalami masa The golden age( masa kemenangan ). 

Jadi hal yang paling menarik saat aku belajar filsafat yaitu ketika dosen saya bu Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.l , mengatakan pepatah dari sokrates yaitu "Hidup yang tidak dikaji maka hidup yang tidak pantas dihidupi" , menurut saya kata- kata ini sangat relevan sekali untuk anak muda jaman sekarang, karena pada jaman sekarang banyak anak muda yang tidak mau keluar dari zona nyamannya dan selalu hanya berkubu dalam satu arah saja. Jadi saya mempunyai harapan dan pesan untuk mahasiswa diluar sana ,bahwa belajar filsafat itu tidak seburuk yang kalian fikirkan , atau kalian tebak , belajar berfilsafat itu asik lohh, jadi intinya berfilsafat itu asik.

Komentar